Study Tiru Merintis Desa Wisata

2
106

Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Watuagung (Sekdes, Kadus IV, BPD Bid Pemerintahan, Ketua LPMD, Ketua Karang Taruna Tunas Harapan 12) melaksanakan studi tiru pembuatan wisata dikawasan perhutani.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Dermaji Keamatan Lumbir selama satu hari.

Rombongan dari Desa Watuagung Kecamatan Tambak berangkat jam 08.00 WIB dan sampai di Desa Dermaji Kec. Lumbir jam 10.10 WIB, dn diterima langsung oleh Kades Dermaji Bpk Bayu, beserta sekdes dan perangkatnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal keinginan para pemuda Desa Watuagung dalam merintis sebuah wisata. 

Dan yang lebih utama, belajar cara pengalokasian dana serta melihat dari dekat pengelolaan Desa Wisata Dermaji (termasuk didalamnya Wisata Wana Suta). Kepala Desa Dermaji dalam paparanya menyampaikan liku-liku / suka duka dalam merintis Wisata Wana Suta.

Desa wisata adalah sebuah konsep pariwisata yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata di suatu desa atau kawasan pedesaan dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku dan penerima manfaat. Desa wisata memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan kehidupan dan budaya masyarakat desa yang autentik, serta menikmati alam yang asri dan sejuk.

Konsep desa wisata dilaksanakan dengan cara mengembangkan berbagai objek wisata seperti homestay, kuliner khas daerah, kerajinan tangan, pertanian organik, dan kegiatan-kegiatan budaya lainnya. Selain itu, desa wisata juga melibatkan masyarakat setempat untuk mempromosikan dan menjaga keberlangsungan pariwisata di desa mereka.

Keberadaan desa wisata memiliki banyak manfaat, antara lain membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan pemahaman wisatawan tentang kehidupan dan budaya masyarakat desa, serta memberikan dukungan bagi pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di desa tersebut. Selain itu, desa wisata juga dapat membantu mengurangi kesenjangan antara kota dan pedesaan dengan meningkatkan pengembangan infrastruktur, keterampilan dan kreativitas masyarakat pedesaan.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak pemaparan beliau di https://youtu.be/WDn5i5pMGmI

Dan simak juga cerita pahit manisnya mengelola wana suta oleh Ketua LMDH Bpk Karyoto di https://youtu.be/Yy6dnVY-NJE

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here