Gamelan Jawa untuk Menyatukan Pecinta Seni

2
43

Kemajuan teknologi terus berkembang dan selalu mengikuti perkembangan jaman

Menciptakan musik semudah memainkan jari, tinggal klik – Copy – Paste. Perlahan tapi pasti peminat alat musik tradisional dari kalangan muda turun. Piyaga muda sulit dijumpai pada setiap pagelaran gamelan Jawa tapi lain diwatuagung, tua muda ikut memainkan alat musik tradisional gamelan.

Selain suka dengan suara gamelan Jawa, kelompok pecinta seni karawitan watuagung yang tergabung dalam Grup WA “Manunggal Sekar Agung” setiap malam minggu kliwon dan malam minggu manis mengadakan acara rutin nabuh gamelan di balai desa Watuagung.

Ada dua tempat latihan

  1. Balai Desa Watuagung Kecamatan Tambak (Malam minggu Kliwon dan Malam Minggu Manis)
  2. Rumah Bapak Suwarno Rt 006/002 Desa Watuagung Kecamatan Tambak (jadwal menyesuaikan keinginan yang berlatih)

Semua gamelan milik bersama (milik desa) dari dana Aspirasi Dewan, yang di Baldes diterimakan pada tanggal 23-12-2022 , dan yang di Rumah Bpk Suwarno pada tanggal 18-01-2023.

Disamping sebagai ajang menyalurkan hobi dan tempat berkumpulnya para seniman desa watuagung juga dapat dijadikan latihan karawitan secara rutin agar mahir nabuh gamelan Jawa.

Sebenarnya Desa mempunyai keinginan punya gamelan sejak 2014, dan terbentuk grup / paguyuban kesenian ini sejak 2019 tapi karena kurangnya dana untuk pengadaan gamelan sehingga tidak bisa berjalan sesuai harapan.

Semoga dengan adanya gamelan ini, semakin menambah persatuan dan kesatuan serta semangat nguri-uri kabudayaan

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here