Pelatihan Desain Kemasan Produk

1
139

Baldes Watuagung (Senin3/3/2022) Pelatihan untuk pelaku UMKM Desa Watuagung mengambil tema Desain Kemasan dan Produk, dengan narasumber dari PLD Kecamatan Tambak, Aspikmas Kecamatan Tambak dan Mahasiswa STABN Tanggerang.

Adapun peserta diambilakan dari pelaku UMKM yang aktif dalam ASPIKMAS Kecamatan Tambak, dengan tujuan untuk memberikan semangat dan terus berkarya untuk memajukan desa.

Desain mempunyai peran cukup penting untuk menentukan visual produk, karena ini adalah hal pertama yang akan konsumen lihat membeli produk. Tampilan kemasan yang sederhana kurang dilirik konsumen, tapi bila kemasan menarik apalagi unik, pasti akan langsung dilihat – dipegang dan beli.

Sebagai Produsen harus paham kalau ada jenis konsumen yang jauh lebih tertarik pada kemasan daripada isi produk. Jadi jangan asal memadukan warna dan ilustrasi kemasan tanpa memerhatikan sisi estetika.

Bukan berarti pengemasan produk hanyalah sebagai hiasan. Pastikan desainnya sanggup mempengaruhi segala aspek, mulai dari keputusan membeli konsumen hingga sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya desain sangat berkaitan erat dengan strategi pemasaran, branding, dan promosi. Ketiganya saling menopang demi meningkatkan penjualan suatu produk. Maka, pembuatan desain pada packaging produk haruslah produsen siapkan sebaik dan secermat mungkin

Desain kemasan adalah salah satu usaha dalam memproses suatu benda yang nantinya berfungsi sebagai pembungkus atau wadah dari suatu produk. Proses pembuatan desain mengacu pada rancangan untuk produk itu sendiri.

Sebagai contoh : bahan dasar kemasan, warna, jenis font/tylisan, sampai elemen grafis.

Sebuah desain diharapkan punya nilai cerita yang dapat tersampaikan ke konsumen. Secara tidak langsung, kemasan pada akhirnya harus mampu memberi pengalaman ke konsumen melalui penglihatan, sentuhan dan bau.

Dari banyaknya keuntungan tersebut diatas, sangat wajar jika pada banyak produsen mencurahkan banyak waktu dan tenaga untuk rancangan desain. Bukan cuma persoalan memenangkan hati para konsumen, tetapi juga menyampaikan pesan penting hingga ke hati konsumen.

Secara umum, fungsi dari desain kemasan produk adalah sebagai berikut:

  • Media komunikasi tentang produk ke konsumen.

Rincian tentang produk biasanya tampil pada informasi produk sehingga konsumen lebih mudah membaca sekaligus memahaminya. Citra produk juga dapat terlukis lewat visual yang ada pada kemasan.

  • Penentu identitas produk.

Desain secara tidak langsung mempengaruhi branding produk. Dalam sekali lihat, konsumen dapat mengetahui identitas produk tanpa harus membaca semua info pada kemasan.

  • Mewakili estetika produk.

Kadang ada produk yang sebenarnya secara kualitas biasa-biasa saja, tetapi mudah menjadi terkenal karena pengemasan yang menarik. Desain menjadi kunci penting dalam faktor estetika untuk menjaring lebih banyak konsumen.

  • Brand image jangka panjang.

Untuk memenangi persaingan bisnis yang ketat, desain pada pengemasan produk haruslah kuat. Tujuannya adalah menjaga brand image untuk waktu lebih lama. Tentu saja produsen perlu melakukan review desain berkala, terutama jika ingin rebranding.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here