MAHASISWA KKN UNSOED 2023 MELAKUKAN PEMASANGAN HOME DECOMPOSTER DI PEKARANGAN WARGA PADA  DUSUN 3 DESA WATUAGUNG

0
15

Program kerja wajib yang diberikan oleh tim LPPM UNSOED kepada mahasiswa KKN didesa Watuagung tahun 2023  adalah pemasangan home decompoter di pekarangan rumah warga.

Tujuan dibuat nya home decomposter sampah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga dapat di proses menjadi kompos untuk digunakan sebagai intensifikasi pekarangan seperti pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran yang bisa digunkan untuk keperluan sehari- hari rumah tangga.Manfaat dan keunggulan home decomposter adalah dapat menampung sampah organik yang berasal dari sampah rumah tangga, biaya yang dikeluarkan murah dan mudah, limbah berupa sisa daging dan tidak menimbulkan bau yang menyenangat, tidak mengganggu estetika pekarangan rumah.

Untuk membuat home decomposter memerlukan alat seperti ember dengan berdiameter ukuran 30 cm x 40 cm yang sudah di potong bagian atas nya berukuran 20 cm lalu digali lubang sampah minimal 1 meter dengan ukuran mulut diameter 30 cm, ember yang telah dipotong dimasukkan ke lubang sampah, dan tanah di sekitar lubang ditinggikan. Idealnya setiap rumah memiliki 2 home decompoter jika satu decomposter sudah penuh, maka sampah dibuang ke decomposter ke 2. saat decomposter ke 2 sudah penuh dalam kurun waktu 3 minggu, maka kompos didecomposter pertama yang sudah berumur 6 minggu telah siap dipergunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here