MAHASISWA KKN PUPR UNSOED MENGIKUTI KEGIATAN SURAN (SEDEKAH BUMI)

0
33

Pada Kamis 11 Juli 2024 dimulai jam 08.00 pagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PUPR Universitas Jenderal Soedirman ikut serta dalam kegiatan tahunan Suran (Sedekah Bumi) di Desa Watuagung. Kegiatan ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Desa Watuagung sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rezeki dan hasil bumi yang melimpah.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemotongan kerbau yang menjadi simbol dari acara Sedekah Bumi ini. Setelah itu, kepala kerbau dikuburkan di situs Watuagung sebagai bentuk penghormatan dan ritual adat. Daging kerbau kemudian dimasak bersama-sama oleh warga desa untuk disajikan pada acara kenduri (makan bersama).

Acara utama diadakan di situs Watuagung, yang diawali dengan pembukaan oleh Kiyai setempat, dilanjutkan dengan tahlilan bersama. Beberapa sambutan juga disampaikan oleh tokoh-tokoh penting, yaitu:

  • Kepala Desa Watuagung (Bapak Tirin),
  • Camat Tambak (Ibu Ika Suprihatin, S.STP), dan
  • Bupati Banyumas yang menitipkan pesannya kepada Camat Tambak.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan kenduri, dimana seluruh warga desa dan mahasiswa KKN berkumpul dan menikmati hidangan yang telah disiapkan bersama. Kegiatan ini tidak hanya mempererat tali silaturahmi antar warga, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa KKN dalam mengenal dan melestarikan budaya lokal.

Kehadiran mahasiswa KKN PUPR UNSOED diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung pelestarian tradisi dan budaya Desa Watuagung, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan rasa syukur atas anugerah alam yang telah diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here