Laporan Hasil Pendataan SDGs Desa Watuagung Tahun 2021

0
214

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT / Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan kegiatan pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

Tak lupa pula kami haturkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam proses pendataan, khususnya pada Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta teristimewa buat semua Anggota Pokja Pendataan SDGs Desa dan seluruh masyarakat Desa Watuagung serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya dan lancarnya pendataan SDGs Desa ini.

Laporan Hasil Pendataan SDGs Desa ini kami susun berdasarkan kegiatan sebaga berikut :

  1. Sosialisasi SDGs Desa;
  2. Rapat Awal Persiapan Pendataan SDGs Desa dan Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja ) Pendataan dan Pemuktahiran Data SDGs Desa Tahun 2021 melalui Keputusan Kepala Desa;
  3. Pembekalan Kelompok Kerja (Pokja ) Pendataan dan Pemuktahiran Data SDGs Desa Tahun 2021;
  4. Registrasi Pokja terdiri atas Admin Desa dan Enumerstor;
  5. Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa;
  6. Rapat Akhir Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa; dan
  7. Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa.

Hasil Pelaksaan Pendataan SDGs Desa yang Dapat Kami laporkan terdiri dari Survei Desa, Survei Rumah Tangga, Survei Keluarga, dan Survei Individu dengan Uraian Sebagai Berikut :

  1. Survei Desa
  2. Jumlah Unsur Pemerintah Desa yang telah didata sebanyak 9 (sembilan) 0rang,
  3. Jumlah Unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang telah didata sebanyak 9 (sembilan) 0rang,
  4. Data : Lokasi Desa, Pemerintah Desa, Musyawarah Desa, Regulasi, APBdes, Aset Desa, Layanan, Kerjasama, Lembaga Kemasyarakatan Desa, BUMDesa, Unit Usaha Bumdes, serta infrastruktur dan lainnya.
  5. Survei Rumah Tangga.

Jumlah RT yang telah didata sebanyak 70 (tujuh puluh) dan RW sebanyak 10 (sepuluh), serta data Deskripsi Lokasi, Pengurus RT/RW, Lembaga Ekonomi, Industri, Sarana Ekonomi, Fasilitas Ekonomi, Infrastruktur, Lingkungan, Bencana, Mitigasi Bencana, Sarana Pendidikan, Kesehatan, Kejadian Luar biasa, Agama/Sosbud, Lembaga Keagamaan, Lembaga Kemasyarakatan, Keamanan, Tindak Kejahatan dan Kegiatan Warga.

  • Survei Keluarga.

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 3.790 (tiga ribu tujuh ratus sembilan puluh) KK, serta data Deskripsdi Lokasi, Akses Pendidikan, Akses Kesehatan, Akses Tenaga Kesehatan, Akses Sarana Prasarana dan Lain-lain.

  • Survei Individu.

Jumlah Individu yang telah didata sebanyak 11.878 (sebelas ribu delapan ratus tujuh puluh delapan) jiwa, serta Data Individu, Pekerjaan, Penghasilan, Kesehatan, Disabilitas dan Pendidikan yang dilakukan dengan metode by Name By Address

Masalah dan kendalan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendataan SDGs Desa adalah :

  1. Sebagian besar responden kurang kooperatif dalam menyampaikan nomor telpon, luas tanah yang ditempati, serta penghasilan dan pengeluaran per bulan.
  2. APK SDGs di Pokja sering mengalami eror (Merk Hp tertentu), tidak bisa menyimpan sehingga menyulitkan Input dan Upload data.
  3. Website api-sdgs.kemendesa.go.id yang selalu maintenance dan tidak bisa Export data mengakibatkan Admin Desa tidak bisa melihat perkembangan input data dari pokja secara real time.
  4. Tidak adanya menu edit di dalam api-sdgs.kemendesa.go.id sehingga Admin desa tidak bisa mengedit mana kala ada kesalahan penginputan.
  5. Kondisi geografis desa serta keadaan sinyal internet yang lemah mengakibatkan terlambatnya pendataan.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dibutuhkan rekomendasi tindak lanjut oleh Pemerintah Desa agar kiranya pendataan ini dapat lebih valid dan terukur serta dilakukan pemutakhiran setiap tahunnya.

Demikian Laporan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Salam berdiri sebaris – berjajar bergandengan – holopis kuntul baris

Salam SDGs Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here